Menyimak Cerita Di Balik Inisiatif Seni Rupa: ruangrupa

WordByWhiteboardjournal

Nama ruangrupa, atau yang sering disingkat sebagai ruru, tampaknya sudah akrab bagi sebagian orang. Sampai hari ini, ruangrupa telah hadir dalam skena seni rupa Indonesia selama kurang lebih 19 tahun. Berikut ini beberapa hal mengenai organisasi seni rupa kontemporer ini yang menarik untuk disimak.


Kolektif yang didirikan oleh sekelompok seniman di Jakarta ini awalnya bertujuan untuk membantu para seniman yang tidak memiliki banyak pilihan dan akses untuk melakukan pameran di galeri. Ketika ruangrupa muncul, terlihat bahwa banyak seniman yang produktif dalam mengeksplorasi dan menghasilkan karya yang eksperimental serta ide-ide baru berkaitan dengan tempat memamerkan karya mereka.
Karena publik dan seniman butuh ruang, ruru sering berkolaborasi dengan banyak pihak untuk bereksperimen mengenai ruang residensi seni serta hal unik lainnya untuk mengiringi perkembangan zaman yang semakin urban. Kegiatan dan program yang dihasilkan pun beragam, mulai dari pameran, festival, lab seni rupa, workshop, hinga penerbitan jurnal untuk menghadirkan perspektif yang berbeda dalam mengenali seni rupa. Salah satu acaranya yang sudah banyak diketahui adalah Jakarta Biennale, sebuah pameran yang digelar setiap 2 tahun yang diisi oleh karya dari seniman kontemporer lokal hingga internasional.

Karena ruang ruru memberikan pengaruh besar ke dalam perkembangan seni rupa di Indonesia, ia juga memberikan kesempatan bagi para seniman muda untuk menunjukkan karyanya ke publik. Programnya yang bernama Jakarta 32ºc merupakan festival seni rupa yang diadakan setiap dua tahun yang dikhususkan untuk para seniman baru. Sejak keberadaannya pada 2004, Jakarta 32ºc sukses menampilkan karya yang beragam, dari video, lukisan, desain grafis, instalasi seni, hingga fotografi. Melalui Jakarta 32ºc, dapat disaksikan sendiri bahwa dunia kreatif Indonesia memiliki banyak sosok unik yang berani menghasilkan karya yang melawan arus mainstream.

Ruang rupa memberikan lebih dari sekedar asupan seni rupa atau modern art. Ia menawarkan banyak program lainnya seperti Art Lab, RURU Gallery, Karbon, Ruru Shop, OK. Video, jarakpandang.net, RURUradio, RURU Kids, RURU Corps, RRRecFest, dan Institut ruangrupa. Semua program tersebut menjadi acara  yang aktif meramaikan skena seni rupa, khususnya di Jakarta.


Related Posts

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad